BUKU AJAR SOSIOLOGI PENDIDIKAN: Pendekatan Teoritis Tokoh & Tematis
Penulis : Sulaiman Mappiasse, Ph.D.
Pendidikan Indonesia memiliki misi edukasi yang mulia, yakni mengubah peserta didik untuk menjadi warga negara yang bertakwa, cerdas, kritis, peduli, dan berakhlak mulia dalam kehidupan. Akan tetapi usaha untuk melahirkan peserta didik dengan karakter ideal seperti itu semakin sulit karena peserta didik hari ini hidup dalam lingkungan sosial yang lebih kompleks. Dengan demikian, seorang calon pendidik di sekolah maupun di madrasah dituntut memiliki literasi sosial yang cukup untuk menjadi pendidik yang baik dan efektif. Salah satu cara yang tersedia untuk melakukan itu adalah dengan mengenalkan mereka pada teori dan metode sosiologi dalam memahami dan menjelaskan isu-isu atau topik-topik terkait dengan pendidikan. Berdasarkan pertimbangan tersebut, buku ajar ini kami tulis dengan judul “Sosiologi Pendidikan: Pendekatan Teoritis Tokoh dan Tematis.”
ISBN : XXXX-XXXX